Shower tray yang menjadi hal penting dalam kamar mandi saat ini

Jenis-Jenis Bathtub, Biaya Pemasangan dan Harga Bathtub
January 13, 2020
Cek Harga Bathtub di Jakarta Untuk Kamar Mandi Kecil
January 20, 2020

Kamar mandi adalah salah satu bagian penting dalam suatu rumah. Jika dahulu kamar mandi hanya berbentuk sederhana maka semakin bertambahnya tahun dan berkembangnya jaman. Bentuk kamar mandi dibuat menjadi lebih banyak fungsinya. Selain untuk mandi biasanya kamar mandi digunakan untuk kegiatan relaksasi menggunakan air hangat. Bagian-bagian atau komponen kelengkapan yang terdapat dalam kamar mandi pun menjadi lebih banyak dan beragam. Salah satunya adalah penggunaan shower box yang sudah dilengkapi dengan shower tray. Dengan adanya shower box dan shower tray membuat orang akan jadi lebih mudah dalam melakukan rutinitas mandi dan bisa juga dengan adanya shower box, shower tray ini bisa menambahkan kesan estetika dalam ruangan kamar mandi tersebut.

Kegunaan atau fungsi dari shower tray dalam kamar mandi 

Letak dari shower tray adalah pada bagian bawah shower box atau lebih tepatnya pada bagian alas (dasar). Kebanyakan bahan untuk membuat shower tray ini terbuat dari bahan fiberglass atau acrylic. Shower tray ini memiliki bentuk seperti mangkuk. Fungsi utama dari shower tray adalah digunakan untuk menjadi wadah atau tempat tampung sementara dari air dari guyuran air yang turun ke bawah. Dengan menggunakan shower tray ini aii tidak akan bisa mengalir pada bagian luar.Selain untuk tempat penampungan air sementara kegunaan dari shower tray ini juga untuk membuang air ke luar rumah, Karena pada shower tray ini sudah dipasang sebuah saluran air sehingga air yang ditampung secara otomatis akan terbuang secara langsung. Agar pengguna shower tray tak terpeleset ketika mandi, maka desain permukaannya dibentuk bertekstur.

Bahan shower tray

berikut ini adalah bahan pembuatan dari shower tray :

  1. Shower Tray Resin Batu Acrylic

Bahan yang digunakan untuk membuat shower tray ini adalah terbuat dari pecahan batu resin khusus. Pecahan batu resin ini pada akhirnya akan dicetak lalu di poles saat sudah selesai proses cetaknya. Permukaan dari shower tray ini lebih tahan lama dan juga bisa tahan akan goresan. Biasanya shower tray dengan bahan batu acrylic ini menjadi pilihan yang sangat diminati oleh orang-orang saat membeli shower tray.

  1. Shower Tray Fiberglass

Sebelum menjadi fiberglass, bahan awalnya pembuatannya adalah dari pecahan kaca, lalu diproses lagi melalui proses yang dikenal dengan nama filament. Sifat dari bahan fiberglass ini adalah kekuatannya yang tinggi, elastis dan yang paling penting adalah bisa tahan terhadap temperatur tinggi.

  1. Shower tray dengan bahan marmer/marble

Shower yang ketiga ini berbahan dari marble atau marmer. Sedangkan untuk menjadi sebuah marmer sendiri diperlukannya sebuah bahan-bahan seperti batuan kapur metamorfosis dari mineral karbonat yang sudah mengkristal, biasana seperti kalsit dan dolomit. Untuk mengenali shower tray dari bahan marmer sangatlah mudah. Bisa dilihat dari warna dan berat shower shower tray tersebut. warna yang digunakan adalah warna solid, lalu ketika shower tray diketuk dengan tangan maka akan terasa seperti mengetuk lantai, hal itu dikarenakan karena sifat dari bahan buatannya sangat keras dan padatnya struktur batu tersebut.

Cara memilih shower tray

Berikut ini adalah cara atau hal-hal yang diperlukan sebelum membeli shower tray:

  1. Hal yang harus diperhatikan adalah menyesuaikan ukuran dari shower box itu sendiri.
  2. Jangan lupa melakukan pengukuran terhadap shower box, agar lebih mudah dalam menentukan saat memilih shower tray.
  3. Bahan shower tray yang harus diperhatikan. Hal ini sangat berpengaruh untuk kekuatan ketahanan shower tray.
  4. Dana untuk membeli shower tray.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *