Cara Instalasi Pemasangan Bathtub

Sejarah Bathtub
March 15, 2018
Bathtub di Bali
May 12, 2018

Bathtubbers, kali ini kita akan menjelaskan tentang cara instalasi pemasangan bathtub. Pastikan anda sudah mengukur bathtub yang sudah anda beli.Sementara bila anda belum membeli bathtub, anda harus mempelajari dulu situasi kamar mandi anda baik itu ukuran, komposisi dan bahan bathtub yang akan anda pakai.
1. BUAT SISI DAN LANDASAN : Landasan bathtub bisa menggunakan habel, semen dan pasir atau batu bata.
2. SISI DEPAN TERAKHIR DIPASANG : anda ketahui sebagai pemilik yang mengetahui persis kondisi kamar mandi anda. tidak sulit, hanya satu hal yang harus diperhatikan yaitu letak pintu instalasi.
3. BUAT PINTU INSTALASI : pintu instalasi untuk avur sebelum keramik terpasang.Mengetahui memungkinkan dibuat atau tidaknya pintu instalasi ini akan sangat berpengaruh pada instalasi penempatan bathtub yang akan disiapkan nantinya. Jadi perhatikanlah letak pintu ini.Pemasangan avur merupakan hal yang tidak kalah penting bila dibandingkan dengan pemasangan bathtub. Dipasaran sendiri, umumnya dijual 2 jenis avur. Yaitu avur bathtub dengan over flow, dan avur bathtub pop up tanpa over flow. Biasanya avur pop up tanpa over flow digunakan untuk bathtub-bathtub type standing. Fungsi avur bathtub adalah untuk jalan air keluar bathtub menuju pembuangan saat air telah selesai digunakan di bathtub. Selain itu, fungsi avur juga sebagai over flow. Artinya, saat kita mengisi bathtub dan lupa menutup, air juga akan mengalir melalui avur di bagian atas, sehingga tidak akan memenuhi bathtub sampai tumpah ke lantai.
Fungsinya untuk memperbaiki avur bila terjadi gangguan atau hendak diganti, tanpa lagi mengangkat bathtub.

Pintu instalasi dibuat dengan ukuran standart 40 x 40 cm. Tetapi bisa juga diperkecil mengikuti keadaan, tapi.. harus diuji juga penggunaannya apakah bisa bermanfaat atau tidak. Soalnya kalau buat pintu instalasi kecil tapi tidak muat untuk perbaikan, itu sama saja nol. Fungsi dari avur juga sebagai pengalir air ke pembuangan bila air berlebihan karena lupa tutup kran misalnya. Saat kita mengisi bathtub dan lupa menutup, air juga akan mengalir melalui lubang di dinding bathtub yaitu bagian avur yang sebelah atas sehingga tidak akan memenuhi bathtub sampai tumpah ke lantai. Lubang ini juga bagian dari avur karena ke pembuangan juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *